JANGAN KATAKAN TIDAK BISA…!


Itulah yang selalu aku katakan pada anakku, Agha. Aku tidak ingin dia menjadi anak yang mudah menyerah, menyerah sebelum berusaha, menyerah sebelum mencoba. Saya kira tidak ada sesuatu yang tidak bisa, kalau pun ternyata sesudah dicoba berulang kali, dicoba dengan berbagai cara tetapi belum berhasil juga maka itupun bukan berarti harga mati bahwa itu tidak bisa, tetapi sekarang hanyalah istirahat sesaat untuk menarik nafas yang selanjutnya mencoba lagi.
Saya yakin dengan pepatah yang mengatakan “mun keyeng pasti pareng” [kalau benar-benar ingin dan berusaha dengan terus menerus pasti akan didapatkan]. Atau “man jada wajada”, siapa yang berusaha pasti berhasil.
Dan yang saya yakini, keinginan yang kuat merupakan cita-cita. Keinginan merupakan sebuah doa yang tak terucap. Dan saya yakin dengan kesungguhan hati setiap doa akan dikabulkan Allah. Karena itu saya setuju untuk menggantukan keinginan setinggi mungkin, sehingga yang didapatkannyapun akan tinggi. Rugi sekali bila kita tidak punya keinginan, tidak punya target hidup. Dan merugilah orang yang tidak selalu memperbaiki diri, rugilah orang yang hari ini tidak lebih baik dari hari kemarin.
Analogi yang aku sampaikan tentang tidak tahu menjadi tahu, tentang tidak bisa menjadi bisa adalah analogi tentang naik sepeda. Dulu Agha tidak bisa mengendarai sepeda sekarang bisa, nah… bagaimana hal tersebut terjadi, ya melaui proses belajar, namanya belajar tidak bisa langsung bisa, ada proses, ada upaya dan latihan yang berkelanjutan, ada proses jatuh yang menyakitkan dan ada kesungguhan dan keyakinan akan bisa. Tetapi hal yang tidak enak itu akan terbayar dengan manis setelah pada ahirnya dapat mengendarai sepeda dan bekeliling kampung.
Kemudian dukungan lain dari seisi rumah adalah dirumah tidak boleh menggunakan kata “pusing, capai, tidak bisa” dan kata-kata lain yang berkonotasi negatif dan nada frustasi atau mengeluh. Aku yakin kata-kata yang diulang-ulang dan terus menerus mempunyai efek hipnotis, masuk kedalam pikiran bawah sadar.

Tinggalkan Balasan

